oleh

Gairah Perfilman Semakin Melonjak, Jumlah Sekolah Film Bakal Diperbanyak

Foto: TongRo Images/Thinkstock
Foto: TongRo Images/Thinkstock

JAKARTA I Gairah perfilman Indonesia diperkirakan semakin melonjak dengan dibukanya keran bagi investor asing di bidang eksibisi, produksi, dan distribusi. Kebutuhan tenaga kerja dan kemampuan meningkat.

Mengantisipasi hal itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf janji memberbanyak jumlah sekolah perfilman di Indonesia. Saat ini, menurutnya sekolah film masih sedikit.

“Kita masih sangat lemah masalah jumlah sekolah film. Paling cuma ada empat atau lima lah sekolah film di sini,” ujar Triawan beberapa waktu lalu. “Nah itu akan kita tingkatkan jumlahnya.”

Triawan mengamati, peningkatan itu perlu karena industri perfilman Indonesia sedang mengalami peningkatan. Buktinya, makin banyak film Indonesia diproduksi, bahkan tayang di festival luar negeri.

Beberapa aktor Indonesia pun mulai merambah Hollywood. Sebut saja Joe Taslim yang terlibat Fast & Furious 6 dan Star Trek Beyond, Ray Sahetapy di Captain America 3, dan trio The Raid dalam Star Wars: The Force Awakens.

Mengimbangi peningkatan industri itu, kemampuan teori dan teknis pun harus didongkrak. Triawan mengaku serius dalam membenahi dan meningkatkan kuantitas dari sekolah film di Indonesia.

Sekolah yang ia maksud tidak hanya fokus terhadap seni perfilman saja, tetapi juga teknis di belakang layar.

“Jadi nanti sekolah film itu enggak hanya cuma membahas tentang seninya saja, namun juga teknis seperti pemegang kamera, pencahayaan, pun masalah suara di dalam film,” Triawan menyebutkan.

Sayangnya, ayah Sherina Munaf itu belum bisa memastikan kapan gagasan tersebut terealisasi. Triawan hanya janji akan membahasnya dengan Presiden RI Joko Widodo beserta wakilnya Jusuf Kalla.

“Ini baru keputusan para menteri saja, nanti pasti akan saya bawa ke Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla,” ia mengatakan.

Ia yakin, gairah perfilman yang tengah bergejolak di Indonesia dapat mendorong pemerintah segera membangun sekolah film demi mendongkrak kreativitas perfilman. (CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *