oleh

PLTG Sematang Borang Segera Beroperasi

PALEMBANG I Pemerintah Kota (Pemko) Palembang akan mulai mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang berlokasi di Sematang Borang. Comercial Operation Date (COD) atau pengoperasian secara komersial akan dilakukan 21 Februari mendatang.

“Kalau tidak ada halangan akan mulai operasi tanggal 21 Februari. Pak Harno nanti yang langsung meresmikan pegoperasian perdana PLTG ini,” ungkap Dirut PT SP2J, Ahmad Novan, saat diwawancarai, Selasa (26/1/2016).

Ia menjelaskan, sebelumnya kondisi PLTG di Sematang Borang tidak beroperasi karena akses jalan yang sulit mengakibatkan terbengkalainya pembangkit ini. Namun, SP2J mengambil alih pengelolaan pembangkit itu untuk segera dioperasionalkan.

“Saya sekarang sedang mencari alat metering yang dulu pernah terpasang dilokasi sesuai petunjuk dari Pertamina EP dan Pertamina Gas untuk dipasang kembali. Insyaallah akan selesai sebelum mulai operasional,” terangnya.

Dikatakannya, pembangkit listrik ini mempunyai mesin berkapasitas 2×7 Megawatt yang bisa mengaliri listrik lebih kurang untuk 10 ribu rumah tangga yang ada dikawasan Sematang Borang, Sako dan Kalidoni.

“Nanti kita lihat dulu listrik yang dihasilkan dari pembangkit ini bisa mencapai 14 MW. Setelah pembangkit ini beroperasional, listrik yang dihasilkan akan dibeli oleh PT PLN,” ungkapnya.

Untuk harga yang diberikan kepada PLN, ditambahkan Novan, akan sama dengan harga listrik di PLTG Keramasan. Namun, terlebih dulu pihaknya akan melihat jumlah listrik yang dihasilkan.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo berharap, dengan akan beroperasionalnya pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di sematang borang agar dapat membantu masyarakat sekitar yang belum teraliri listrik.

“Kita semua ingin Palembang jadi kota yang terang benderang, aman dan bersih,” pungkasnya. (Irwanto)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *