oleh

Genjot PAD, Dishub OKU Tingkatkan Target Retribusi Sektor PKB

BATURAJA I Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU, Firmansyah ST MSi menyatakan, Tingginya Potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten OKU dari sektor retribusi Pengujian kendaraan bermotor (PKB) membuat pihaknya lebih  Fokus pada sektor ini di tahun 2016, dengan meningkatkan target capaian hingga 10 persen dari capaian 2015.

“Ada empat sektor yang menjadi garapan, semuanya akan kami maksimalkan agar hasil melampauai target, namun potensi tertinggi di sektor PKB maka ini menjadi target kita, tahun 2015 dari target yang kita pasang, raihan bisa tembus sampai 100,5 persen,” kata Firman

Meski demikian, pihaknya tidak asal memasang target, ia mengatakan meningkat 10 persen dari capaian 2015 yang tercatat Rp 241.751.621 cukup realistis melihat potensi pertumbuhan kendaraan pada 2015.

Selain menghitung potensi pertumbuhan kendaraan, menurutnya juga mesti mempertimbangkan kendaraan yang mutasi daerah,

“Termasuk mutasi kendaraan juga dapat membuat pendapatan berkurang, ini yang kita dibaca potensinya, maka target cukup 10 persen dari peningkatan 2015,”kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah memikirkan sektor retribusi trayek yang terus merosot, bahkan 2015 hanya mencapai 50 persen dari target yang dipasang. Pihaknya merasa kesulitan untuk menggenjot sektor ini.

“Ojek yang sudah cukup banyak, akhirnya angkot tergerus imbasnya retribusi trayek juga ikut melemah,” kata dia.

Bahkan, dari catatan pihaknya sudah banyak angkot yang mengundurkan diri, beberapa bahkan sudah berubah menjadi plat hitam.

“Regulasi terus diwacanakan agar mampu menampung aspirasi, bahkan izin pengurusan trayek kami permudah, tapi inilah kendalanya pasar angkutan kota tengah surut,” jelasnya.

Seperti diketahui, sektor Retribusi PKB di Dishub OKU pada tahun 2015, yakni sebesar Rp241.751.621. Angka tersebut akan dinaikan sebesar 10 persen di tahun 2016 ini. (Deni A. Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *