oleh

Alokasi Anggaran Pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Rukam Capai Rp 1 Miliar

BATURAJA I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Kabupaten OKU mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 Miliar untuk pembangunan jembatan gantung sepanjang 133 meter di Desa Lubuk Rukam, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU.

Kepala Dinas PUBM OKU, Ir Helman MM mengatakan, pembangunan jembatan gantung sepanjang 133 meter ini akan mulai dikerjakan pada April atau Mei 2016 mendatang,  melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0403 OKU.

Menurut Helman, pembangunan jembatan gantung ini bertujuan untuk mempermudah dan menunjang akses transportasi masyarakat di Desa Lubuk Rukam dan Desa Mekarti Jaya Unit XII, Kecamatan Sinar Peninjauan.

“Selama ini sarana transportasi yang harus dilalui oleh masyarakat antara kedua desa tersebut masih cukup jauh dan harus melalui melalui Jembatan desa Mandala, muternya cukup jauh,” tutur Hilman.

Menurutnya, jika jembatan gantung ini selesai dibangun maka warga dua desa dapat menyeberang ke desa Unit XIII Kecamatan Sinar Peninjauan, dengan waktu tempuh hanya sekitaran 10 menit saja. Hal ini tentu lebih memudahkan masyarakat dan dinilai lebih effisien.

Rencana pembangunan jembatan gantung tersebut, lanjut hilman, diperkirakan akan memakan waktu sekitaran tiga atau empat bulan. Untuk selanjutnya jika telah selesai nantinya jembatan gantung ini akan dapat dimanfaatkan dan dilalui oleh masyarakat baik dengan cara berjalan kaki maupun melintasi dengan menggunakan kendaraan jenis roda dua.

“Sekitaran Juli atau Agustus jembatan gantung sudah bisa dilalui oleh masyarakat. Untuk kami juga mengharapkan agar masyarakat dapat berpartisipasi untuk bersama-sama menjaga dan merawat keberadaan jembatan gantung ini, misalnya tidak membawa muatan melebihi kapasitas jembatan gantung termasuk menjaga aset yang ada di jembatan gantung tersebut,” pungkasnya. (Deni A. Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *