oleh

57 desa di OKU segera lakukan Pilkades Serentak

BATURAJA I Sebanyak 57 desa yang tersebar 13 kecamatan di Kabupaten OKU akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di tahun ini. Demikian diungkapkan kepala Badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa Drs Wibisono melalui kepala bidang Pemerintahan desa M Kholik SPd MM.

“Ada 57 desa serentak tahun ini, tapu waktu pelaksanaannya masih menunggu SK Bupati,” kata Kholic.

Menurutnya, pilkades serentak di 57 desa di OKU ini diatur dalam Peraturan daerah No 9 tahun 2015 tentang pemilihan kepala desa.

Perda tersebut, menurutnya, merupakan revisi dari perda tentang desa yang sebelumnya berlaku. Namun ada sejumlah aturan yang berubah dalam pelaksanaan Pilkades tersebut.

“Termasuk syarat keterpilihan kades dengan partisipasi pemilih minimal 2/3 plus 1 suara dari DPT ini yang dihilangkan,” terangnya.

Saat ini, pihaknya masih mengkaji peraturan bupati No 32 tahun 2015, yang merupakan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tekhnis pilkades serentak tersebut.

Disoal dengan panitia pilkades serentak ini, dirinya menyatakan masih akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Namun untuk panitia pilkades diserehkan sepenuhnya dengan pemerintah desa masing masing, sementara di tingkat kabupaten, disusun panitia pilkades yang menandu jalanya pilkades di 57 desa tersebut.

“Panitia di tingkat kabupaten dan waktu pelaksanaannya ini yangbkita masih menunggu SK Bupati,” tambahnya.

Sementara pada Pilkades serentak ini nantinya, tidak dilakukan pemecahan tempat pemungutan suara. Dengan kata lain, 1 desa hanya menyediakan 1 TPS, dan tidak disertai dengan panitia pengawas. (Deni A. Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *