oleh

Peserta Ekspedisi Papua Barat Jangan Alergi Terhadap Perbedaan  

PAPUA I Diantara para peserta Ekspedisi Koridor Papua Barat jangan alergi terhadap perbedaan yang ada, baik dari segi suku, agama, ras dan adat istiadat. Cintailah perbedaan, karena perbedaan juga ciptaan Tuhan. Demikian dikatakan Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo yang merupakan salah satu pencetus pelaksanaan Ekspedisi NKRI saat memberikan pengarahan kepada peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016, di Hanggar Para Pusdiklat Passus Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/01/2016).
“Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat diharapkan dapat mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Jangan mengganggu kearifan lokal dengan membawa budaya masing-masing peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat. Tingkatkan kepekaan terhadap masyarakat, jangan menyakiti hati masyarakat sekitar dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan,” tegas Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo.
Lebih lanjut Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo menekankan, manfaatkan benar kesempatan mengikuti ekspedisi ini untuk menggali potensi yang terdapat di Indonesia, khususnya Papua Barat dan menentukan langkah-langkah yang akan diambil berikutnya. Kita orang Indonesia harusnya malu, karena orang luar negeri ternyata sudah lebih dulu tahu wilayah Indonesia dibandingkan dengan kita yang asli orang Indonesia,” ujarnya.
Mengakhiri pengarahannya, Letjen TNI (Purn) Suryo Prabowo mengharapkan, hasil Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 ini dapat dibukukan dalam buku-buku dan jurnal ilmiah yang menarik dan kelak dapat diperkaya melalui penyelenggaraan ekspedisi berikutnya.
Eskpedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 melibatkan 1200 personel, terdiri dari 670 personel  TNI/Polri (396 personel pusat dan 274 personel daerah), 530 personel sipil (pusat 344 personel pusat dan 186 personel daerah) yang terdiri dari relawan, mahasiswa dan tenaga ahli.
Pembagian wilayah Papua Barat yang masuk dalam ekspedisi ini meliputi : Sub Korwil 1 Tambrauw, Sub Korwil 2 Sorong, Sub Korwil 3 Sorsel, Sub Korwil 4 Mansel, Sub Korwil 5 Bintuni, Sub Korwil 6 Wondama, Sub Korwil 7 Fakfak dan  Sub Korwil 8 Kaimana.(Puspen TNI)
loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *