oleh

Pedagang Apresiasi Langkah Walikota Palembang Terkait Sengketa Pengelolaan Pasar 16 Ilir

PALEMBANG I Koperasi pedagang Pasar 16 Ilir Palembang mengapresiasi langkah Walikota Palembang H Harnojoyo yang telah memutuskan, pengolalan pasar 16 Ilir Palembang diambil alih  oleh Perusahaan Daerah (PD)  Pasar Jaya Palembang untuk sementara waktu, dengan keputusan ini diharapkan pengelolan pasar akan lebih baik lagi.

Ketua Koperasi Pasar 16 Ilir Palembang,  H Sony Rafles mengungkapkan, pasar 16 ilir yang sebelumnya dikelola pihak ketiga melalui sistem Build, Operate, and Transfer (BOT) oleh PT Ganda Tahta Prima, mampu melakukan perbaikan baik terhadap pasar maupun pedagang.

“Sebagain besar pedagang mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pak Walikota Palembang, sehingga pengelola ini dapat menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi para pedagang maupun pembeli,”kata Sony, Rabu (13/1/2016).

Otomatis dengan diambil alih pengolah oleh PD Pasar, dapat  memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Palembang. Sedangkan kalau dikelola pihak ke tiga keuntungan akan diambil oleh pihak ketiga itu sendiri.

“Artinya ini langkah yang sangat tepat. Karena selama Pasar dibawah kendali PT GTP begitu banyak persoalan yang dikeluhkan oleh para pedagang,’ujar Soni.

Ia berharap pasar 16 Terbesar di Sumsel ini akan dikelola secara baik nantinya. Baik itu penataan parkir, keamanan serta  kebersihan, termasuk juga dapat menciptakan fasilitas umum yang  memadai.

”Begitu juga penataan pedagang kaki lima (PKL)  yang ada di area pasar yang  ada sekarang ini lebih diperhatikan, sehingga pasar ini akan menjadi pasar tradisional yang moderen,”jelasnya.

Sementara itu, Penasehat Koperasi Pasar 16 Ilir, Ahmad Safriar, meyakini PD Pasar akan mengambil langkah-langkah yang startegis untuk menciptkan pasar 16 akan menjadi pasar tradsional yang moderen, sehingga pasar ini tidak kalah bersaing dengan pasar moderen yang ada di Kota Palembang.

“Perbaikan tentu akan dilakukan oleh PD Pasar untuk mencitpakan pasar yang nyaman dan mana baik bagi para pedagang maupun pembeli, begitu juga biaya sewa kios dan lapak akan lebih terjangkau,”tukas dia. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *