oleh

Pemkab Empat Lawang Targetkan Panen Talas 500 Ton

EMPATLAWANG I Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang untuk membudidayakan tanaman talas dalam rangka meningkatkan hasil petani. Semua tanaman talas sudah ditanam semua diseluruh Kecamatan Empat Lawang luas lahan 50 haktare. Dengan begitu target panen 500 ton.

“Kalau untuk panennya pada Juni-Juli mendatang, sebab para petani melakukan penanaman pada Desember 2015 lalu dan target panen 500 haktare, “ujar Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Fadillah Marik.

Dijelaskannya kalau untuk pemasarannya sudah ada yang menampung yaitu pihak Bantaeng yang bekerjasama dengan Jepang. “Pemasarannya sudah ada, jadi seluruh hasil panennya sudah ada yang menampung, “jelas Fadillah.

Sedangkan talas yang surtiran, masih kata Fadillah, itu tidak akan terbuang sia-sia dikarenakan akan dikelolah menjadi industri kecil dan akan dibuat tepung.

“Tanaman talas dari hasil panen nantinya tidak semuanya itu diterima oleh pihak penampung, dikarenakan ada kriteria-kriterianya yang akan mereka belih. Jadi dari pada itu harga jualnya murah, maka dikelolah lagi mejadi bahan industri untuk meningkatkan nilai jual, “katanya.

Dilanjutkannya sedangkan untuk pemasaran tepung dari tanaman talas sudah ada yang menampung, jadi tidak perlu lagi untuk memasarkannya.

“Ya sudah ada yang menampung tepung tanaman talas dan tinggal lagi mengadakan permintaan dari penampung, “tuturnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga kedepan akan bentuk kelompok tani kecil untuk membudidayakan tanaman talas dalam skalah kecil. Hasilnya nantinya difokuskan untuk membuat tepung.

“Rencana kedepan akan kita bentuk kelompok tani kecil, agar bisa memenuhi permintaan penampung, “tukasnya. (Ridi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *