oleh

Bom dan Tembakan Guncang Gedung Konsulat India 

ilustrasi ledakan (gsmudger/Thinkstock)
ilustrasi ledakan (gsmudger/Thinkstock)

AFGANISTAN I Serentetan tembakan dan ledakan mengguncang daerah di sekitar konsulat India di kota Mazar-i-Sharif, Afghanistan. Pasukan keamanan bertempur dengan kelompok bersenjata yang mencoba memasuki kompleks gedung konsulat.

Juru bicara gubernur provinsi Balkh, Muneer Ahmad Farhad, menyatakan dua ledakan keras dan tembakan terdengar sebelumnya ketika kelompok bersenjata melancarkan serangan dari sebuah rumah di dekat gedung tersebut, ketika malam menjelang.

Mereka berhasil dipukul mundur setelah berupaya untuk memasuki gedung konsulat dan berlindung di sebuah rumah di seberang jalan. “Saat ini pasukan keamanan kami tengah bertempur melawan mereka,” katanya.

Setidaknya satu warga sipil terluka. Tetapi tidak ada rincian lebih lanjut tentang korban atau pun kerusakan. Belum ada juga informasi soal jumlah penyerang maupun kelompok mana yang terlibat.

Semua anggota staf konsulat yang aman, menurut sebuah cuitan dari duta besar India Amar Sinha.

Juru bicara polisi, Shir Jan Durani memaparkan hujan deras mengiringi serentetan tembakan terdengar dari waktu ke waktu dalam kegelapan, pasukan khusus unit siap operasi untuk membersihkan para penyerang keluar.

Insiden itu terjadi ketika pasukan keamanan India masih berusaha menekan serangan terhadap sebuah pangkalan udara di Pathankot, dekat perbatasan dengan Pakistan yang telah menewaskan sedikitnya tujuh personil militer dan melukai 20 lainnya.

Meskipun upaya oleh orang-orang bersenjata memasuki konsulat, seorang pejabat India mengatakan mereka tidak benar-benar yakin bahwa konsulat itu sendiri adalah target.

Pada 2014, konsulat India di kota Herat, Afghanistan diserang oleh gerilyawan bersenjata termasuk pelaku bom bunuh diri, salah satu dari serangkaian serangan di stasiun diplomatik India di Afghanistan.

Serangan Minggu terjadi di tengah upaya baru untuk mengurangi ketegangan lama antara New Delhi dan Islamabad dan memulai pembicaraan damai dengan kelompok Taliban Afghanistan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan stabilitas di kawasan itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi bulan mengunjungi Kabul dan meresmikan sebuah bangunan parlemen yang dibiayai India. Modi juga mengunjungi Islamabad.

Serangan itu terjadi tak lama setelah India mengalahkan Afghanistan di final kejuaraan sepak bola regional. (cnnindonesia.com)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *