oleh

Daun Pandan Bisa Mengatasi Ketombe Benarkah?

Daun PandanPLAEMBANG I Jika jerawat merupakan masalah yang paling rentan menyerang wajah, maka masalah yang paling sering menyerang kulit kepala adalah ketombe. Bukan hanya menyebabkan gatal pada kulit kepala, serpihan-serpihan putih pada rambut ini jelas sangat menggangu penampilan.

Penampakannya membuat rambut terlihat sangat kotor. Apalagi jika serpihan ketombe tersebut berjatuhan di pakaian. Tidak salah kenapa orang-orang berketombe khawatir memakai pakaian hitam sebab membuat ketombe telihat sangat kentara.

Berbagai merek shampo barangkali sudah dicoba untuk mengatasi ketombe. Namun, jika ketombe masih saja betah di kepala, ada baiknya mencoba perawatan kulit kepala berketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Banyak bahan alami yang bisa dijadikan sebagai penghilang ketombe, salah satunya daun pandan. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari doktercantik.com

Mencegah Bakteri Penyebab Ketombe

Daun pandan memiliki kandungan kandungan vitamin E yang bisa berperan sebagai antioksidan. Sebagaimana yang diketahui, ketombe sebenarnya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Peradangan tersebut berupa munculnya kerak-kerak di kulit kepala. Kerak-kerak tersebut terlepas dan umumnya disebut dengan ketombe.

Menjaga Kelembaban Rambut

Daun pandan bisa menjaga agar kulit kepala tetap lembab dan sehat. Ketombe tidak menyerang kulit kepala yang sehat tetapi tumbuh pada kulit kepala yang cenderung kering. Nah, itulah kenapa pandan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Daun Pandan

Untuk merawat rambut berketombe dengan  daun pandan, bisa melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Siapkan beberapa lembar daun pandan segar

Daun pandan yang langsung diambil langsung dari batangnya akan sangat baik. Jika tidak, kamu bisa mendapatkannya di pasar sayur. Cuci daun pandan hingga bersih.

  1. Haluskan pandan tersebut

Sebelum dimasukkan ke dalam blender, poton-potong dulu daun pandan menjadi beberapa bagian kemudian baru dihaluskan dengan menambahkan sedikit air.

  1. Ambil airnya

Setelah selesai dihaluskan, saring dan pisahkan ampas dan airnya. Jangan menambahkan banyak air saat menghaluskannya.

  1. Terapkan pada rambut sebagaihair mask

Sekarang kamu sudah bisa menerapkan cairan pandan tersebut sebagai hair mask atau masker rambut. Ketika dibalurkan pada rambut, lakukan pijatan-pijatan kecil pada kulit kepala. Tujuan utama perawatan ini adalah pada kulit kepala sebab di kulit kepalalah ketombe berhabitat.

  1. Diamkan selama 1 jam

Setelah dipijat-pijat beberapa saat, diamkan dulu selama lebih kurang 1 jam. Hal ini bertujuan agar zat di dalam daun pandan meresap dengan baik pada rambut. Setelah 1 jam baru dibilas dan dikeramas seperti biasa. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk.

Lakukan perawatan ini secara rutin sekitar 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Menggunakan herbal hasilnya memang tidak langsung bisa dirasakan dalam sekejap. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran.*

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *