oleh

Pertama di Indonesia Pemkab OKI Launching Kartu Selamat Sekolah

 

Komunitas PelajarKAYUAGUNG I Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), membuat terobasan dengan mengukuhkan komunitas selamat sekolah dan launching kartu selamat sekolah pertama di Indonesia di halaman sekolah SMA Negeri 1 Kayuagung, Selasa (29/12/2015).

Pengukuhan pelopor pelajar selamat berlalu lintas tersebut dilakukan untuk melakukan pembinaan bagi anak-anak sekolah untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Kartu selamat sekolah ini sebagai bukti bahwa anak-anak telah telah dibina dan diberi pengetahuan serta aturan bagaimana tertib berlalu lintas, Selasa (29/12/2015).

“Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), membuat suatu program pembinaan yang bekerjasama dengan Polres OKI, Dinas Pendidikan (Disdik), Bank Sumsel Babel dan Dewan Pendidikan, membentuk komunitas pelajar tertib lalulintas dengan meluncurkan kartu selamat sekolah,” kata Kadishubkominfo Kabupaten OKI, Pratama Suryadi SP.

Pratama mengatakan, kartu selamat sekolah bukan pengganti surat izin mengemudi (SIM), tetapi sebagai bukti bahwa anak-anak telah telah dibina dan diberi pengetahuan serta aturan bagaimana tertib berlalu lintas.

“Kami pandang suatu hal yang tepat dan cepat menjadikan pelajar sebagai subjek dan pelopor tertib lalulintas, mengingat komunitas pelajar memiliki tingkat kepatuhan disertai disiplin dan komitmen yang tinggi sehingga mudah diorganisir,” jelas Pratama.

Disampaikannya juga, kartu selamat sekolah dapat dipungsikan sebagai kartu pelajar maupun kartu ATM. “Bahkan kedepan, jika pemerintah telah mampu menyediakan angkutan umum untuk pelajar, maka harapan kami kartu ini dapat dipergunakan sebagai bukti untuk mendapatkan subsidi pembayaran pada saat mengunakan angkutan umum tersebut,” timpalnya.

Pada acara tersebut Bupati OKI, Iskandar SE, dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Kapolres OKI, AKBP Zulkarnain, yang diwakilkan oleh Kabag Sumda, Kompol Budiman mengatakan, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dalam berlalulintas dikarenakan pengendara tidak mematuhi aturan dalam berlalulintas, hal ini sering sekali terjadi pada remaja yang masih labil, ditambah dengan berkendara secara ugal-ugalan dan tidak menggunakan kelengkapan dalam berkendara.

“Program pembinaan pelopor keselamatan dalam berlalulintas ini sangat tepat dan bermanfaat untuk membantu menyadarkan para pengendara khususnya bagi kaum remaja agar mereka tahu pentingnya keselamatan dalam berkendara, sehingga tidak mengancam keselamatan dirinya maupun orang lain,” bebernya.

Pemerintah Kabupaten OKI sangat mengapresiasi sekali atas prestasi yang ditorehkan oleh, Hanna Saskia yang telah mengharumkan nama Kabupaten OKI maupun sekolahnya, karena keluar sebagai juara I pada ajang pemilihan pelajar pelopor keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan tahun 2015 ditingkat Provinsi dan mendapat urutan ke 9 di tingkat nasional, sehingga karya tulisnya menjadi terobosan baru bagi Kabupaten OKI. (Romi Maradona)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *