oleh

2016, Dishub Kota Palembang Terapkan  Cale Parking

PALEMBANG I Untuk  memberikan kemudahan kepada para pengguna parkir dipinggir jalan, Dinas ­Perhubungan (Dishub) Kota Palembang akan menerapkan meteran parkir atau (cale pa­rking) secara elektronik pada 2016 mendatang.  Tahap awal, direncanakan akan memasang cale parking di kawasana  bawah jembatan ampera dan  pasar 16.

Kadishub Palembang,Sulaiman Amin mengatakan, meter parkir tersebut nantinya akan memudahkan masyarakat yang akan parkir dibeberapa titik wilayah. Seperti diketahui selama ini banyak juru par­kir (jukir) liar mematok tarif melebihi ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan adanya cale Parking  tersebut dipastikan tidak ada lagi kebocoran yang dilakukan para juru parkir.

“Dengan adanya mesin parkir ini mudah-mudahan tidak ada lagi jukir semena-mena. Kita berharap tahun  depan sudah dapat dipasang,”kata Sulaiman, selasa (29/12/2015).

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk sistem pengunaancale parking parkir tersebut, masyarakat tidak perlu lagi menggunakan uang  cash, namun cukup dengan memasukan kartu tersebut ke mesin parkir.  Nantinya masyarakat dapat memberli kartu tersebut di Indomaret, Alfamart, mal
dan sebagainya. “Jadi kartu itu rencananya akan kita buat multi fungsi, bisa juga buat belanja dengan sistem saldo. Rencananya kita akan menggandeng beberapa Bank atau pihak ketiga,”kata Sulaiman

Mesin parkir produk italia ini akan dipasang secara bertahap, hingga menjelang Asian Games 2018 mendatang,  semuanya sudah terpasang. Dengan adanya mesin otomatis tersebut pihaknya berkeyakinan dapat  menyerap retribusi parkir secara maksimal dalam rangka menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pantauan dibeberapa kawasan parkir, banyak juru parkir menetapkan parkir tidak sesuai dengan aturan, sehingga dengan kondisi ini sangat memberatkan para warga, tarif parkir sendiri mulai dari Rp 2000-5000 sesuai dengan jenis kendaraan yang diagunakan.  (Supardi).

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *