oleh

Natal yang Suram Bagi Van Gaal

Louis van Gaal harus bisa membangkitkan performa Manchester United di akhir tahun ini. (Reuters / Carl Recine)
Louis van Gaal harus bisa membangkitkan performa Manchester United di akhir tahun ini. (Reuters / Carl Recine)

INGGRIS I Louis van Gaal sudah pernah bersuara keras terkait kebijakan Liga Inggris yang terus memutar jadwal saat kompetisi lain memasuki libur musim dingin. Kini Van Gaal justru dibayangi kemungkinan Natal yang suram berupa pemecatan bila Manchester United tak meraih hasil bagus dalam beberapa pertandingan mendatang.

Van Gaal adalah salah satu tokoh yang mempertanyakan kebijakan Liga Inggris yang terus memutar kompetisi di akhir tahun.

“Tidak ada jeda musim dingin dan ini adalah hal terburuk dalam budaya sepakbola Inggris. Haln ini tidak bagus untuk sepakbola Inggris.”

“Tak ada jeda pada musim dingin sangat tidak bagus bagi klub dan juga tim nasional. Berapa lama Inggris sudah tak memenangi gelar? Hal itu dikarenakan semua pemainnya kelelahan di akhir musim,” ucap Van Gaal seperti dikutip dari Guardian beberapa waktu lalu.

Namun alih-alih memikirkan kondisi pemain secara umum, Van Gaal lebih baik memikirkan nasibnya sendiri saat ini. Manajer asal Belanda itu bisa saja didepak lebih cepat bila tak segera menemukan formula tepat untuk mengembalikan United ke jalur kemenangan.

United sudah satu bulan tidak meraih kemenangan. Mereka gagal menang di enam pertandingan terakhir dan selalu kalah di tiga pertandingan terakhir.

United sudah tersingkir di Liga Champions, sehingga kepercayaan terhadap Van Gaal di Old Trafford pun mulai terkikis.

Pada laga Boxing Day, United bakal bertandang ke markas Stoke City. Laga ini bakal jadi laga krusial penentu masa depan Van Gaal.

Van Gaal bisa saja lepas dari tekanan pendukung sendiri di laga ini karena timnya bakal bertindak sebagai tim tamu, namun rekor fantastis United di laga Boxing Day tetap akan jadi beban buat timnya saat ini.

United memenangkan 18 dari 19 laga terakhir yang mereka jalani di Boxing Day. Karena itu bila United takluk di hadapan Stoke, maka itu akan jadi ‘dosa’ berikutnya yang dibuat Van Gaal setelah kegagalan di Liga Champions.

Bila menang atas Stoke pun, Van Gaal belum bisa tersenyum. Pasalnya ada dua laga berat berikutnya dalam sepekan ke depan, yaitu menjamu Chelsea di Stamford Bridge pada 28 Desember dan Swansea City empat hari kemudian.

Jika rapor Van Gaal di tiga laga tersebut buruk, maka Natal dan akhir tahun ini bisa jadi benar-benar akan jadi hari-hari yang tak menyenangkan bagi Van Gaal karena dirinya terdepak dari Manchester United.(CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *