oleh

Tingkatkan Reputasi,TNI AL Manfaatkan Jejaring Sosial

 

Rapim TNIJAKARTA I TNI AL akan melaksanakan strategi komunikasinya dengan kalangan media secara intens, sehingga reputasi TNI AL mendapat apresiasi dan diakui oleh masyarakat (publik). Selain itu TNI AL juga akan memanfaatkan jejaring media baik cetak, elektronik maupun media sosial secara efektif dan efisien.

Demikian penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Laut tahun 2016 yang berlangsung di Gedung Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/12).  Rapim yang melibatkan 265 peserta, terdiri atas pejabat utama Mabesal, Panglima Kotama TNI AL, serta berbagai unsur pimpinan di satuan-satuan TNI AL tersebut digelar sebagai tindak lanjut dari penyelenggaraan Rapim TNI tahun 2016 yang telah selesai dilaksanakan 2 hari sebelumnya di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Menurut Kasal, para pemimpin satuan TNI AL harus dapat meningkatkan hubungan antar kelembagaan  antara TNI AL dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, sehingga mampu memperkaya informasi bagi TNI maupun masyarakat. “Selain itu kualitas kepemimpinan yang efektif, inovatif dan inspiratif harus dapat ditingkatkan sehingga mampu mendorong kinerja satuan, dengan memperkokoh soliditas dan lebih mengedankan sikap melayani,” kata Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.

Rapim TNI AL Tahun 2015 merupakan kelanjutan dari Rapat Pimpinan TNI dan sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai arah kebijakan Pemimpin TNI Angkatan Laut.  Rapim TNI Angkatan Laut tahun 2016 merupakan media untuk melaksanakan penyamaan persepsi dan pemahaman berbagai kebijakan pemimpin pada perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut tahun 2016, sebagai sarana evaluasi berbagai program, kegiatan dan kemampuan maupun gelar TNI Angkatan Laut tahun 2015 serta sebagai wadah untuk memahami program dan kegiatan pembangunan yang direncanakan dalam rangka mewujudkan TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani, serta berkelas dunia.

Rapim TNI AL tahun 2016 yang mengangkat tema “Meningkatkan Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer Sebagai Pedoman Dalam Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Handal dan Disegani Serta Berkelas Dunia”, merupakan rapat yang diselenggarakan untuk mendukung proses pembangunan TNI AL sebagaimana diatur dalam sistem perencanaan pembangunan pertahanan negara, serta sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai arah dan kebijakan pemimpin TNI AL, sehingga seluruh pemimpin di jajaran TNI AL mampu memahami dan memiliki persepsi yang sama dalam mengimplementasikan berbagai arah maupun kebijakan dari rencana pembangunan TNI AL  pada tahun berjalan dengan benar dan optimal.

Hasil evaluasi Rapim TNI Angkatan Laut sebelumnya yaitu pada Tahun 2015 yang menonjol antara lain perlunya keterpaduan dalam bidang intelijen, operasi, personel, pendidikan dan latihan, logistik, komunikasi serta pengadaan Alutsista. Disamping itu perlu adanya kesinambungan pembangunan MEF TNI sebagai kelanjutan dari pembangunan MEF Tahap II Tahun 2015-2019. Sehubungan dengan hal tersebut pada Rapim TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2016 perlu dilaksanakan evaluasi pencapaian pada Tahun Anggaran 2015 dan penyampaian arah kebijakan pimpinan TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2016.

Agenda utama yang telah disusun, antara lain, setelah pembukaan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., acara dilanjutkan dengan Laporan Hasil Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) TA 2015, Laporan Komando Pangarmatim (Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur), Pangarmabar (Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat), Pangkolinlamil (Panglima Komando Lintas Laut Militer), Dankormar (Komandan Korps Marinir), Dankobangdikal (Komandan Komando Pengembangan Pendidikan Angkatan Laut), Gubernur AAL (Akademi Angkatan Laut), Danseskoal (Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut), Danpuspenerbal (Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut), Danpuspomal (Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut), serta Dan STTAL (Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut).

Pada kesempatan tersebut, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menyampaikan pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2016 yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas antara lain kebijakan Panglima TNI di bidang kebijakan strategis dan perencanaan umum, bidang intelijen, bidang operasi dan latihan, bidang personel, bidang logistik, bidang komunikasi dan elektronika, bidang teritorial, bidang pengawasan dan bidang penerangan.

Sebelum ditutup, Rapim diisi dengan diskusi dan tanya jawab serta penekanan kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P.  (Puspen TNI)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *