oleh

Antisipasi Bencana Banjir, BPBD PALI Bentuk Posko Bencana

PALI I Mengantisipasi bencana banjir di tengah perubahan iklim dan musim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI menggelar Sosialisasi Pengenalan dan Antisipasi Akan Bencana Alam di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Rabu (16/12/2015) bertempat di Gedung Serbaguna Jalan Merdeka Kecamatan Talang Ubi Pendopo Kabupaten PALI.

Tidak hanya menggelar sosialisasi, BPBD PALI juga akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan antisipasi datangnya bencana di wilayah Bumi Serepat Serasan.

Dikatakan Drs Rusman Firman MM Kepala BPBD Kabupaten PALI bahwa menghadapi perubahan musim seperti sekarang ini, pihaknya akan siaga 24 jam untuk mengantisipasi bencana di kabupaten PALI. “Setelah kita melakukan sosialisasi tentang pengenalan dan antisipasi akan bencana, kami juga akan membuka posko di setiap kecamatan, dengan posko pusat di Kantor BPBD Kabupaten PALI, ini merupakan instruksi dari BNPB Pusat, untuk mengantisipasi bencana banjir, kebakaran, angin puting beliung, dan lainnya,” jelasnya.

Lanjut mantan Kadishub Kabupaten PALI ini menambahkan pada tahun 2016, BPBD PALI akan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan bencana dibawah komando BPBD PALI.
“Nanti pada tahun 2016, kita akan membentuk TRC di setiap kecamatan dengan jumlah anggota 10 orang,” sambungnya.

Masih kata Usman Firman untuk langka awal BPBD mlakukan atisipasi siaga bencana. “Namun, dalam waktu dekat ini kita akan melakukan antisipasi banjir dengan cara pengedaman atau normalisasi sungai, sesuai anggara dari pusat yang mana bakal di setujui. Selain itu, BPBD PALI telah mendapat bantuan dari BNPB Pusat satu unit Kapal Dolphyn untuk mengantisipasi banjir,” tutup Rusman Firman.

Sementara itu, Asisten III Ruswani yang secara resmi membuka sosialisasi pengenalan dan antisipasi bencana memaparkan agar para peserta yang hadir dapat serius mengikuti sosialisasi penanggapan bencana. “Pemda dan masyarakat harus bersama-sama dalam menyebarluaskan informasi untuk meningkatkan pencegahan bencana alam di Kabupaten PALI, dan semoga para peserta sosialisasi dengan sungguh agar dapat memberikan penanganan bencana kepada masyarakat PALI,” pungkas Ruswani. (Aras)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *