oleh

Hasil Hitung Cepat Pilkada OI, Ofi-Ilyas Ungguli Helmi-Muchendi

INDRALAYA I Pasangan calon nomor urut dua AW Nofiadi Mawardi-Ilyas Panji Alam unggul sementara dalam penghitungan cepat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir, menyingkirkan dua paslon lainnya yakni Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki dan Sobli Rozali-Taufik Toha.

Berdasar data yang dihimpun, Lembaga Survey Charta Politika, dari 93% data yang masuk, pasangan nomor urut 1, Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki meraih 41,6%, paslon AW Noviadi Mawardi–Ilyas Panji Alam meraih 49,4%, dan paslon Sobli Rozali-Taufik Toha meraih 3%.

Sedangkan survey yang dilakukan tim paslon Aw Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam, paslon Helmy-Muchendi meraih 43%, paslon AW Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam meraih 50%, dan paslon Sobli Rozali-Taupik Toha meraih 7% suara.

Menanggapi perolehan surat tersebut, paslon AW Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam menyambut suka cita atas peraihan suara terbanyak dalam pilkada Kabupaten Ogan Ilir.

Cabup AW Noviadi Mawardi menyatakan melihat dari hasil perhitungan cepat yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta, dirinya unggul dari dua paslon lainnya. Begitupun juga dengan perhitungan yang dilakukan pihaknya juga unggul dari paslon lain.

“Insya Allah, kita sudah dapat mengklaim kemenangan ini, berdasarkan perhitungan cepat dan perhitungan kita sendiri bahwa kita unggul dari dua paslon lainnya,” kata AW Noviadi, saat dijumpai di posko, kemarin.

Dia mengaku sejak pendaftaran di KPUD OI pihaknya klaim optimitis kalau menang itu adalah harga mati.

Sementara itu, paslon Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki saat menggelar konferensi press menyatakan dirinya bersama wakil telah berusaha sekuat tenaga mengeluarkan segala upaya meski dengan cara-cara yang elegan serta mencoba mengikuti pilkada seperti seharusnya bertarung dalam pilkada dengan  fokus satu keinginan bahwa pilkada di Ogan Ilir berlangsung bersih, jujur, adil agar menghasilkan pemimpin yang dikehendaki masyarakat.

“Tapi seperti yang kami katakan di setiap kampanye kami bahwa yang menentukan dan memberikan mandat kepada pasangan calon yang akan memimpin kabupaten Ogan Ilir adalah rakyat, kepada rakyatlah kami menyerahkan nasib,” kata Helmi, kemarin.

Helmy mengaku dirinya bersama pasangannya telah melakukan semuanya, berdebat menyusun program, melakukan kunjungan ke desa lebih dari 95% desa dan kelurahan di Ogan Ilir, hingga tenaga dan pikiran sudah disalurkan.

“layaknya sebuah kompetisi memang ada menang ada kalah, keinginan kami memang kamilah mendapatkan mandat, tapi kami selalu sadar bahwa rakyatlah jadi penentunya,” tuturnya.

Baru saja pihaknya mengikuti perhitungan cepat. Sebagai pasangan tentu sangat menghargai hal-hal ilmiah dan saint, dan pihaknya mengakui perhitungan cepat itu walaupun pemenangan dalam pilkada tetap menunggu real count dilakukan KPUD.

“Selain menunggu real count, kami ingin mengajak pendukung agar tetap bersabar menghormati bahwa inilah yang terjadi dan kita akan tetap menghormati apa yang menjadi kehendak rakyat, sekali lagi kami mohon maaf kepada pendukung kami, karena ternyata mimpi kita sama-sama melakukan perubahan ogan ilir belum terwujud,” katanya.

Ditempat terpisah, pasangan calon Sobli Rozali-Taupik Toha mengatakan berterima kasih kepada seluruh warga ogan ilir telah menggunakan hak suaranya dalam pilkada kabupaten Ogan Ilir. Dirinya sebagai umat manusia telah berusaha, berdoa dan tawakal kepada Allah SWT.

“Hasil ini adalah pilihan rakyat, kita terima hasilnya karena inilah pilihan rakyat,” katanya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh pendukungnya untuk menjunjung etika politik santun, dan jangan bertindak anarkis.

“Saya mengimbau kepada seluruh pendukung saya, jangan membuat persoalan baru setelah pelaksanaan pencoblosan hari ini,” ucapnya.

Pantauan di TPS 02 tempat cabup Sobli Rozali, unggul dari dua pasangan calon lainnya, di TPS ini unggul 7 suara dari pasangan nomor urut 2 AW Noviadi-Ilyas Panji Alam. Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan KPPS TPS 02, pasangan Sobli-Taupik meraih 94 suara, sedangkan Pasangan Ofi-Ilyas meraih 87 suara dan Pasangan Helmy-Muchendi meraih 75 suara. (Sultan)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *