oleh

Wisatawan dan Warga Diimbau Tak Dekati Bromo

7641f723-5d8e-443c-81d3-ff13402cfbe3

PROBOLINGGO | Polres Probolinggo, melakukan pengecekan aktifitas Gunung Bromo, di sekitar kaldera atau lautan pasir Bromo. Pengecekan ini sengaja dilakukan untuk memastikan geliat aktivitas Bromo, yang sudah masuk pada level siaga 3 ini.

Pengecekan itu di pimpin Kapolres AKBP Iwan Setyawan, bersama Kabag Operasional Kompol Budi Sulistiyanto, Kasat Sabhara AKP Istono, Kasat Lantas AKP Hudi Arif dan anggota polisi lainnya.

Selain melakukan pengecekan, Kapolres memberikan imbauan kepada warga, pelaku wisata seperti ojek, penyewa kuda dan pengunjung Bromo, dari dalam maupun luar daerah, bahkan pengunjung dari manca negara agar tak mendekati Bromo. Hal itu mengingat, material vulkanik yang bersuhu panas, sehingga sangat membahayakan jiwa pengunjung.

“Untuk pengecekan ini kami sengaja belum mengerahkan banyak personil. Hari ini hanya pengecekan saja dan memberikan imbauan ke wisatawan, yang difokuskan agar pengunjung tidak mendekat ke kaldera. Harus sesuai himbauan sebelumnya, pengunjung di luar radius 2,5 kilo meter,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Iwan Setyawan, saat ditemui di kaldera Bromo, Sabtu (5/12/2015).

Upaya yang dilakukan pihak kepolisian ini kata Iwan, sesuai anjuran dari Pusat Vulkanologi Metigasi dan Bencana Geologi atau PVMBG Gunung Bromo, melarang pengunjung untuk naik ke kawah Gunung Bromo.

“Sesegera mungkin, kami akan melakukan patroli di Kaldera Bromo. Dikwatirkan ada pengunjung yang bandel. Dalam patroli itu nantinya akan kami kerahkan ratusan personil, untuk pengamanan,” tutup Iwan. (andy/detik)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *