oleh

Ribuan Ulat Bulu Serang Warga Desa Tanjung Payang Lahat

Ribuan ulat bulu yang menyerang permukiman warga.
Ribuan ulat bulu yang menyerang permukiman warga.

LAHAT I Ribuan ulat bulu berwarna hitam menyerbu masyarakat di kawasan kampung Rimbe Beduk, Desa Tanjung Payang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel). Kejadian yang tidak lazim ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Hewan kecil ini tiba-tiba datang dan memadati lingkungan sekitar. Baik itu halaman rumah, dapur hingga ke kamar tidur para warga. Tentu saja, peristiwa ini membuat warga panik.

Mereka hanya bisa melakukan upaya pemberantasan atau pencegahan dengan peralatan seadanya. Warga pun menantikan upaya penanganan lebih lanjut dari pihak terkait.

Bukan hanya memadati kediaman warga, ulat bulu ini pun menyerang bangunan sekolah yang tidak jauh dari pemukiman. Tak ayal, aktifitas masyarakat terganggung dengan kehadiran ulat bulu ini, bahkan menyerang tempat tidur mereka.

“Kalau tidak cepat dicegah, bisa masuk kedalam kamar. Saya tidurpun terganggu karena ulat banyak sekali, Saat ini, ada kerjaan tambahan yaitu hampir setiap menit meletakkan busa sabun di depan pintu agar ulat tidak dapat masuk ke rumah,” ujar Aan, warga setempat, Jumat (4/12/2015).

Katanya, warga sudah berusaha memusnahkan ulat bulu itu. Namun, upaya mereka sia-sia karena jumlah ulat yang muncul diperkirakan masih terus bertambah.

Sail, warga lainnya menceritakan, jika mereka tidak tahu darimana datangnya ulat-ulat tersebut. Tiba-tiba saja sudah berjumlah ribuan.

“Di rumah kami, satu bak air terpaksa dibuang karena dipenuhi oleh ulat. Jika terkena kulit, maka akan langsung merasa gatal. Ini harus ada penanganan khusus dari Pemerintah,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada petugas dari instansi terkait yang turun ke lapangan. Warga pun masih berusaha melakukan pembasmian dengan cara sendiri-sendiri. (Syafitri)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *