oleh

Makan Ikan Setulang-tulangnya Disebut Paling Baik untuk Kesehatan Tulang

61fc08b7-f57e-4acc-9284-3f476cd07f9a_43

JAKARTA | Untuk menjaga kesehatan tulang, orang-orang dianjurkan berolahraga secara rutin. Selain itu perlu nutrisi yang bersahabat untuk tulang. Nah, makan ikan setulang-tulangnya disebut-sebut baik untuk kesehatan tulang.

“Nutrisi yang kaya akan kalsium antara lain  ikan yang dikonsumsi dengan tulang-tulangnya,” ujar Medical Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia, dr Marko Lumalessil, MM, MH. Kes, dalam kunjungan media attack Anlene ‘Move Now’ ke redaksi detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Biasanya orang ikan yang dimakan setulang-tulangnya adalah yang dipresto dan ikan teri. Namun butuh asupan ikan dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan kalsium di atas 1.000 mg bagi orang yang berusia 35 tahun ke atas.

Selain itu nutrisi yang baik untuk tulang adalah sayuran warna hijau, seperti brokoli. Susu juga disebut sebagai asupan yang bersahabat dengan kesehatan tulang.

“Tapi tidak hanya nutrisi saja ya. Karena olahraga juga penting untuk tulang,” imbuh dr Marko.

Olahraga yang rutin dilakukan akan mendukung kebebasan bergerak. dr Marko pun menganjurkan olahraga minimal tiga kali per minggu, di mana masing-masing dilakukan selama 30 menit. Untuk bisa bebas bergerak dibutuhkan tulang yang kuat, keseimbangan badan yang baik dan otot lentur.

“Ada studi klinis, olahraga terbaik untuk kepadatan tulang yakni dengan pembebanan misalnya jogging, aerobik, angkat beban, menghentak seperti body combat atau zumba. Jalan kaki sambil membawa barang belanjaan, yoga,” terang dr Marco. (Andy/VOA)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *