oleh

Volume Sampah di Kota Palembang Bertambah

PALEMBANG I Volume sampah di kota Palembang saat musim hujan meningkat tajam mencapai 300 ton setiap hari. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) Kota Palembang, Agung Noegroho.

Katanya, peningkatan sampah ini dipicu sampah yang telah lama terendap di pingir bantaran Sungai Musi. Terangkat ke permukaan, kemudian terbawa arus air sungai yang pasang.

“Sepertinya budaya membuang sampah di sungai dan bantaran sungai, masih menjadi alternatif bagi warga. Paling banyak sampah plastik basah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ungkapnya, Kamis (3/12/2015).

Dijelaskan, secara total, sampah sehari di kota Palembang  mencapai 1.000 ton. Kini menambah 300 ton perhari, namun yang mampu diangkut hanya mencapai 500 ton lebih per hari.

Hal ini diperparah dengan kurangnya armada pengangkut yang ada. Sehingga, pihaknya harus memutar otak untuk mengangkut sampah di 16 Kecamatan yang ada di kota Palembang.

“Kekurangan armada ini menjadi kendala, sampah yang masuk TPA kadang harus beberapa kali bolak balik. Sementara Armada kita sudah mulai banyak yang tua dan tak laik jalan,” katanya.

Ditambahkan, armada angkutan sampah ada sebanyak 102 unit. Sementara yang berfungsi maksimal, hanya mencapai 57 persen. Namun pihaknya sedikit lega, karena mendapatkan tambahan satu unit eskavator baru dan tiga unit armada pengangkut. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *