oleh

Tingkat Kriminalitas di OKU Menurun

BATURAJA I Secara kuantitas angka kriminalitas di wilayah Hukum Polres OKU turun 20 persen jika dibandingkan pada 2014 lalu. Demikian diungkapkan Kapolres OKU AKBP Dover Christian SIK MH, saat menggelar kunjungan kerja di sejumlah mapolsek di Kabupaten OKU. “Tapi kualitas tindak pidana mengalami peningkatan,” tutur Kapolres.

Menurut dia, sejauh ini jeratan tindak pidana yang terjadi di Kabupaten OKU, lebih dari satu jeratan tindak pidana. Aksi pencurian kerap kali disertai dengan tindakan penganiayaan.

“Bahkan kalau korbannya perempuan kerap diiringi dengan tindak pidana asusila seperti pemerkosaan dan sebagainya,” tambah kapolres.

Meski secara umum mengalami penurunan, namun pihaknya tetap mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal ini didasari karena rasio perbandingan tugas polisi dengan masyarakat masih jauh dari kata ideal.

“Ditingkat kepolisian sektor (polsek) 1 polisi harus mengawasi dan mengayomi masyarakat antara 650-800 orang, ini jelas belum ideal. Idealnya 1 berbanding 300 lah paling tidak,” kata kapolres.

Kekurangan jumlah personel polisi yang kini dirasakan tidak hanya pada kepolisian sektor, namun hingga ke kepolisian resort.

“Polres OKU itu masih kurang hingga 400personel, namun bukan hanya kita tapi hampir disetiap daerah, karena itu peran masyarakat yang kita harapkan,” lanjut kapolres.

Sementara kemarin (02/12/2015) Kapolres OkU beserta jajarannya menyambangi sedikitnya 3 mapolsek di kabupaten OKU. Kunjungan kerja pertama dimulai dari polsek Ulu Ogan, dilanjutkan dengan polsek pengandonan pada tengah hari, dan menjelang petang kapolres OKU menyambangi polsek Semidang aji.

Setidaknya terdapat 5 permasalahan mendasar yang menjadi sorotannya selain silaturahmi dengan jajaran kepolisian sektor. Antara lain permasalagan tindak pidana kriminal, persiapan pelaksanaan pemilukada OKU 9 desember mendatang, masalah pembakaran lahan, penyebaran Isis, serta arahan bagi anggota polisi dan masyarakat setempat. (Deni A Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *