oleh

Ribuan Santa Claus Banjiri Lapangan Pendidikan Distrik Wamena Papua

Fhoto : Puspen TNI
Fhoto : Puspen TNI

PAPUA I Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih menggelar Natal bersama masyarakat pegunungan di Lapangan Pendidikan Distrik Wamena Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada beberapa waktu lalu.

Sebelum ibadah Natal dimulai, warga masyarakat dan pelajar yang berjumlah sekitar 7.000 orang menerima topi Santa Claus dari panitia Natal Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan Forum Komunikasi Umat Baragama (FKUB) dan pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Tampak ribuan pelajar itu menerima bingkisan Natal berupa topi Santa Claus dan terlihat antri menunggu bingkisan Natal berikutnya yang akan diberikan oleh Pangdam XVII/cenderawasih mayjen TNI Hinsa Siburian yang akan diwakili oleh Kabintal Kolonel Inf Fendy.

Pastor Jhon Jongga salah satu tokoh agama di Pegunungan Tengah Papua mengapresiasi pelaksanan ibadah Natal bersama tersebut. “Ini merupakan perayaan Natal yang baik, ibadah seperti ini, menjadi awal yang baik bagi kita semua di pegunungan Jayawijaya. Selamat Natal buat kita semua yang ada di gunung-gunung, di lembah-lembah dan di pesisir pantai,” katanya.

Untuk itu, Pastor Jhon Jongga yang juga seorang aktivis HAM di Papua berharap agar kegiatan serupa menjadi agenda tetap untuk menjalin peduli dan kasih ditengah masyarakat. “Program ini hendaknya dikembangkan terus dan lebih ditingkatkan, untuk kali berikut harus lebih lagi, kita harapkan juga perilaku aparat keamanan tidak seperti pengalaman-pengalaman lalu dimana menjelang Natal itu tidak aman, masyarakat ketakutan, terjadi peristiwa penembakan, ini tidak boleh lagi terjadi,” katanya.

“Harapannya semua pihak mendukung program Pangdam Cenderawasih untuk sosialisasi, peduli kasih, membawa cinta dan damai, itu membawa solidaritas dan semangat hidup baru bagi rakyat Papua, karena masyarakat tidak mau lagi ada kekerasan,” tambahnya.

Sedangkan Sekretaris FKUB Kabupaten Jayawijaya Pdt. Alexander Mauri yang juga panitia pelaksana Natal bersama mengatakan ibadah di markas Klub Persiwa Wamena itu merupakan kerja sama semua pihak yang ingin tanah Papua menjadi tanah yang aman dan damai. “Ini merupakan kerja sama dari Kodam XVII/Cenderawasih, Pemkab Jayawijaya, FKUB, Gereja dan para mitra kerja dari BUMN”, katanya.

Mauri berharap agar acara serupa bisa terus digelar di Wamena Kabupaten Jayawijaya sebagai Kabupaten induk pemekaran belasan daerah otonom di Pegunungan Tengah Papua. “Natal bersama ini bisa membuat citra TNI makin baik di mata masyarakat, generasi muda yang kini hadir dalam Natal bersama akan mengingat dan menceritakan kepada generasi berikutnya bahwa TNI itu milik rakyat,” ungkapnya.

Sementara itu, Prajurit Korem 171/PVT melaksanakan kegiatan “Aksi Peduli Kasih” kepada warga masyarakat Kota Sorong dan para Siswa-Siswi Sekolah, dengan membagikan bingkisan Natal sebanyak 1.000 bungkus oleh Santa Claus yang dihadiri oleh Komandan Korem 171/PVT Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru SH, Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf, Ketua Klasis GKI Sorong Pdt. Andrikus Mofu, M.Th, Ketua Jemaat GKI Emaus Makorem 171 Pdt. Yohanis Sattu M.A. M.Mis, para Kasi Korem 171/PVT, para Komandan Satuan Dan Ka Balak jajaran Korem 171/PVT bertempat di lapangan Hocky Kampung Baru Sorong-Papua Barat.

Dalam sambutan Danrem 171/PVT Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru SH. mengatakan bahwa Natal adalah hari raya keagamaan bagi umat Kristiani yang dapat dijadikan wahana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang maha Esa karena Natal merupakan peristiwa kelahiran Yesus Kristus. Perayaan hari besar keagamaan ini, hendaknya jangan semata-mata sebagai ritual keagamaan.

“Wahana perayaan ini selain untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan bagi umat Kristiani,  sesungguhnya sekaligus  juga untuk meningkatkan kualitas hubungan persaudaraan antar pemeluk agama yang berbeda, seperti yang kita rasakan saat ini”, kata Danrem 171/PVT.

Lebih lanjut dikatakan Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru, dengan keyakinan dan kesadaran serta kemajemukan, prajurit Korem 171/PVT dan masyarakat, tentunya akan lebih memahami peran dan tanggung jawab masing-masing untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan tingkatan serta tuntutan tugas yang dipercayakan oleh Bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai bersama ini. Seperti halnya Isa Almasih peduli dan peka terhadap keselamatan umat manusia, demikian juga kiranya Prajurit Korem 171/PVT dan masyarakat, karena Natal merupakan wujud kerendahan hati Allah melalui Yesus Kristus yang perlu diteladani dan dipedomani oleh setiap manusia. Hal tersebut tentunya dapat menjadi sumber motivasi Prajurit Korem 171/PVT dan masyarakat dalam meningkatkan kesetiakawanan sosial demi kepentingan Bangsa dan Negara.

Diakhir acara Korem 171/PVT yang dipimpin Brigjen TNI Purnawan Widi Andaru memberikan bingkisan Natal kepada masyarakat sekalian yang merayakannya, namun janganlah dilihat dari nilai harga bingkisan tersebut, akan tetapi lihatlah dari arti dan makna yang  terkandung dalam sebuah kebersamaan  dan  kepedulian, sehingga terjalin hubungan yang erat antara Korem 171/PVT dan masyarakat khususnya kota Sorong. (Puspen TNI)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *