oleh

Harga Cabai Rawit di Kabupaten OKI Naik, Persediaan Minim

KAYUAGUNG I Harga cabai rawit di Kabupaten OKI kembali menjadi primadona bagi pedagang cabai. Akan tetapi mahalnya harga cabai rawit ini tidak diiringi dengan persediaan.

Harga cabai rawit saat ini tembus di angka Rp 150 ribu/kg. Harga cabai ini melampaui harga daging sapi kualitas bagus yang hanya Rp 130 ribu – Rp 140/kg. Sementara harga daging sapi yang biasa digunakan untuk membuat bakso Rp 120 ribu/kg.

Seorang pedagang sayur, Nurhayati (48) mengatakan, langkanya  cabai rawit di pasaran sudah terjadi hampir satu bulan. Hingga sekarang, cabai rawit asli yang punya rasa pedas khas masih tidak bisa dijumpai di pasar ini.

“Kalau cabai rawit yang asli, lagi dak katek. Kalaupun ada yang jual, persediannya sedikit sekali. Ada cabai, tapi tidak begitu pedas seperti cabai rawit,” kata pedagang yang berdomisili di simpang Celikah, Desa Celikah, Kecamatan Kota Kayuagung, Rabu (2/12/2015).

Dia menjelaskan, harga cabai rawit berbanding terbalik dengan harga cabai merah keriting dan cabai hijau. Saat ini harga cabai merah keriting Rp 40 ribu – Rp 50 ribu/kg. Pekan lalu, cabai merah keriting hanya Rp 25 ribu/kg.

Melonjaknya harga cabai, tidak dibarengi dengan meningkatnya harga sayuran. Harga bayam hanya Rp 2.000/ikat dan kangkung hanya Rp 4.000/ikat.

“Tapi kalau beli banyak, harganya masih bisa ditawar. Apalagi kalau beli untuk dijual lagi. Cabai mahal karena banyak tanaman cabai yang kering, jadi panennya sedikit. Kalau sayuran pas musim hujan ini panennya melimpah, jadi harganya murah,” jelas pedagang sayur bernama Ilham (37).

Kepala Dinas Perindustrian Pedagangan dan Koperasi (Disperindagkop) OKI, Herry Susanto mengatakan, pihaknya terus memantau harga cabai di pasar.

“Kita pantau terus perkembangan harga cabai di pasaran. Kenaikan harga ini salahsatunya disebabkan oleh pasokan yang kurang. Sebelumnya, petani cabai panen serentak, saat pasokan melimpah harganya anjlok. Saat ini pasokan cabai rawit kurang, sehingga harganya melonjak naik,” terangnya. (Romi Maradona)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *