oleh

Sedekah Bumi Momen meminta Berkah

PALI I Sedekah Bumi merupakan upacara adat, sebagai ucapan rasa syukur dalam menjalin tali sialturahmi, untuk meminta, sesuatu angar perjalan hidup dipermuda, Sedekah Bumi identik, dialkuakan oleh masyarakat pedesaan.

Sedekah Bumi sering dialakukan pada awal atau akhir tahun, untuk meminta keselamatan, kepada tuhan agar jauh dari mara bahaya, serta penghasilan dari bumi menjadi subur, dan masyarakat damai, rukun dalam menjalani kehidupan anatar sesama.

Seperti yang dilakukan oleh masyarkat Bumi Serepat Serasan, yang telah dilanda musim kemrau yang panjang dan akan menghadapi Pesata Demokrasi, pemilihan Kepalah Daerah untuk pertama kalinya pada 9 Desember mendatang

Sedeka Bumi dibuka dengan membaca yasian bersama dan ditutup dengan doa secara berkesinambuangan  yang di pimpin oleh Pemaku Adat, Tokoh Agama, Toko masyakat. setelah itu di lanjutakan berbagai macam hiburan, seperi memotong tumpeng, melpas sepasang burung merpati, dan di tutup dengan panjat pinang sebagai hiburan rakyat.

Dede Apriandi, koordinator Sedekah Bumi mengatakan kegiatan ini merupakan ide dari Ir H Sastra Suganda, tujuannya tidak lain agar terjalin tali silahturahmi antar warga serta masyarakat dapat bersyukur dan meminta berkah dari yang maha kuasa.

“Sedekah bumi minta berkah dan jauhkan dari musibah, apa lagi menghadapi pesta demokrasi, meminta agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) PALI berjalan sukses tanpa ada hambatan,” ujar Dede.

Sementara itu selaku Dewan pembina pemangku adat Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo MM mengucapkan rasa kagumnya atas sambutan masyarakat Talang Ubi Barat yang begitu antusias menghadiri acara hajatan Sedekah Bumi dan Doa bersama yang diselenggarakan oleh Ir H Sastra Suganda.

“Dengan hajatan seperti ini insyaallah akan mempererat tali persaudaraan antar sesama warga,sekaligus menjaga bumi kita terhindar dari segala mara bahaya,”ujar Heri.

Terpisah, Ir H Sastra Suganda mengucapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara tersebut, “kami mengucapakan rasa terimakasihnya kepada semua pihak, terlebih kepada Pasangan Calon (Paslon) nomor satu yang Heri Amalindo , karena pak Heri orang yang pantas menjadi Bupati PALI, beliau orang telah berhasil membangun infrastruktur Kabupaten PALI, selama menjadi Penjabat Bupati PALI,” Pungkasnya.(Aras)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *