oleh

DITLANTAS POLDA SUMSEL GALAKKAN POLISI SAHABAT ANAK

PALEMBANG I Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan berupaya menggalakkan kegiatan polisi sahabat anak atau Polsanak di daerah atau tingkat Polres untuk membentuk mental disiplin dan tertib berlalu lintas masyarakat sejak dini.
“Untuk menggalakan kegiatan polisi sahabat anak itu sekarang ini terus dikembangkan pembinaan siswa taman kanan-kanak (TK) dan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD),” kata Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Ditlantas Polda Sumatera Selatan, AKBP Hermanto, Senin (23/11/2015).

Menurut dia, untuk menggalakkan kegiatan tersebut, pihaknya mendorong jajaran Satlantas di tingkat Polres secara rutin menggelar apel Polsanak di wilayah hukumnya memberikan penjelasan secara dini mengenai pentingnya tertib dalam berlalu lintas baik untuk keselamatan diri sendiri maupun jiwa pengguna lalu lintas lainnya.

Dalam program Polsanak itu, pihaknya juga berupaya memberikan penjelasan kepada siswa mengenai rambu-rambu lalu lintas, etika berkendara, dan hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan masyarakat pejalan kaki serta pengguna kendaraan bermotor roda dua dan empat.

Penjelasan itu disampaikan kepada anak-anak siswa TK dan PAUD dengan cara menggunakan alat peraga yang menarik, bernyanyi, dan memberikan simulasi cara mengendarai kendaraan bermotor roda dua dan empat yang benar sesuai aturan hukum yang berlaku.

Selain itu pihaknya juga berupaya melibatkan siswa tersebut dalam kegiatan operasi simpatik lalu lintas di jalan raya sekitar lokasi sekolah mereka dengan memberikan penghargaan berupa bunga atau bingkisan menarik kepada pengendara yang mematuhi aturan dan tertib berlalulintas.

Kemudian pihaknya juga pada momentum tertentu secara bergiliran berupaya mengajak para siswa mengunjungi taman lalu lintas yang ada di masing-masing kota. “Dengan mengajak anak-anak siswa TK dan PAUD bersama gurunya terjun langsung ke jalan dan bermain di taman lalu lintas, mereka bisa mengetahui secara langsung bagaimana sebaiknya jika berada di jalan raya serta menularkannya kepada keluarganya di rumah.”

“Melalui berbagai kegiatan itu, diharapkan dapat membentuk generasi penerus tertib berlalu lintas dan memiliki kedisiplinan yang tinggi, serta dapat mendukung terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas),” kata AKBP Hermanto.

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *