oleh

Pencaker di Palembang Naik Drastis

Ilustrasi
Ilustrasi

PALEMBANG I Kendati laporan dari perusahaan di Kota Palembang terhadap pengunduran diri, pemberhentian hubungan kerja (PHK) tidak terlalu banyak dilaporkan. Namun pencari kerja (pencaker) terdata naik draistis. Bahkan melebihi ekspektasi yang diperkirakan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan hal ini tidak terlepas dari kondisi perekonomian yang saat ini melemah dan adanya PHK, pengunduran diri karyawan hingga banyaknya sarjana baru.

“Saat kami buka pendaftaran job fair hingga saat ini, peserta sudah mencapai 2.200 dari target 2.000 orang, padahal pendaftaran belum ditutup, indikasinya selain sarjana ini banyak juga pekerja yang sudah berhenti dari perusahaan terdahulu untuk mencari pekerjaan baru melalui job fair ini,” kata Isnaini, Sabtu(21/11/2015).

Isnaini mengatakan, hingga Oktober tahun ini pencaker di Kota Palembang mencapai 4.281 dengan dominasi pencaker laki-laki mencapai 2.332 sisanya perempuan. Untuk meminimalisir tingkat pengangguran termasuk efek PHK saat eknomi lemah, digelar lagi job fair.

“Di Palembang hingga saat ini tidak terlalu banyak pelaporan pemberhentian karyawan, tidak tau untuk di daerah lain. Bisa jadi pencaker dari daerah lain juga ikut mendaftar mencari kerja di Palembang,” katanya.

Pihaknya melihat, kendati ekonomi melemah dan terjadi di setiap kawasan dan daerah di Indonesia, namun di Palembang belum ada yang sampai melakukan pemberhentian secara masal. Untuk perusahaan yang memiliki tenaga kerja masal seperti industri dan pabrik pun tidak terlalu banyak.

“Memang ada beberapa namun tidak ada yang sampai secara masal diberhentikan, untuk karyawan pabrik ataupun perusahaan manufaktur di Palembang tidak banyak dan dinilai masih kuat mengatasi pelemahan ekonomi,” tutur dia.

Isnaini juga menuturkan, ekonomi makro juga saat ini tidak bisa dipungkiri sedang terpuruk, namun jelang akhir tahun kondisi ini makin membaik, dan investasi perkotaan makin meningkat. Terbukti dengan makin tingginya penerimaan karyawan baru di sejumlah sektor.

“Perusahaan-perusahaan di Kota Palembang saat ini sudah mulai melakukan penerimaan baru karyawan, makin banyak peluang kerja yang ditawarkan, ini juga tidak terlepas dari pembangunan dan minat investasi di Kota Palembang yang makin menggiliat,” katanya. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *