oleh

Palembang Dipastikan Terima Penghargaan Adipura

PALEMBANG I Setelah sempat tertunda berbulan-bulan, secara resmi Kota Palembang kembali  menerima penghargaan Adipura, kepastian jika Kota Palembang kembali mendapat penghargaan bergengsi di bidang tata kelola lingkungan tersebut setelah, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, menerima undangan dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), untuk penyerahan penghargaan Adipura yang akan dilangsungkan, Senin (22/11/2015).

Wali Kota Palembang Harnojoyo, membenarkan jika Palembang kembali mendapatkan penghargaan Adipura, yang rencananya akan berlangsung besok di Jakarta. “Jumat, (20/11/2015) kemarin, kita mendapat undangan dari KLH, untuk penyerahan penghargaan Adipura besok malam di Jakarta,”kata Harnojoyo, ditemui usai menghadiri jalan sehat di Komplek Citra Grand City, Minggu (22/11/2015).

Mengenai bocoran nilai, Harnoyo belum mengetahui secara pasti berapa nilai yang diraih Kota Palembang. Pasalnya, dari undangan yang disampaikan, tidak disebutkan hasil penilaian, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun, berdasarkan informasi, Palembang menempati nilai tertinggi kedua setelah Surabaya. Karena, berdasarkan penilian pertama dan kedua (P1-P2), hasil nilai Palembang di posisi kedua. “Kita tunggu saja besok. Karena, penilaian Adipura tahun ini lebih selektif dan benar-benar ketat. Informasinya tahun ini yang mendapat penghargaan Adipura lebih sedikit dari tahun kemarin,” tuturnya.

Lebih lanjut oleh Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, bocorannya jika tahun kemarin ada sekitar 120 yang mendapatkan Adipura, pada tahun ini hanya ada 60 Kabupaten/Kota di Indonesia, yang akan menerima Adipura besok yang rencananya akan diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla.

“Untuk tahun ini, ada perubahan dari sistem penilaian. Selain lebih selektif, untuk yang mendapatkan Adipura Kencana juga, masing-masing kategori hanya ada satu. Seperti kota Metropolis satu, Kota Sedang satu dan Kota Kecil satu,” ulasnya.

Meski sedikit pesimis untuk mendapatkan Adipura Kencana, karena untuk Kota Metropolis yang dikuti Kota Palembang, harus bersaing dengan Kota Surabaya. Harnojoyo tetap merasa bangga, karena penilaian Adipura saat ini lebih selektif dan peserta yang mendapatkan Adipura tidak sebanyak tahun lalu.

“Jika  hari ini  Palembang tidak mendapat Adipura Kencana, itu bukan suatu kemunduran. Karena tidak semua Kota bisa dapat penghargaan bergengsi di bidang lingkungan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala BLH Palembang M. Thabrani menympaikan, besok Walikota Palembang Harnojoyo akan menerima langsung penghargaan Adipura di Hotel Bidara, jalan Jend. Gatot Subroto Kav. 71-73, Jakarta.

Berdasarkan undangan yang diterima, penghargaan Adipura besok, akan diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak dapat menghadiri acara karena masih berada di Malaysia. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *