oleh

Meriahkan Hari Aksara, 2.500 Guru Main Angklung

lustrasi: permainan angklung massal. (Foto: dok. Okezone)
lustrasi: permainan angklung massal. (Foto: dok. Okezone)

JAYAPURA  | Dikenal hingga luar negeri sebagai alat musik tradisional Indonesia, ternyata belum semua orang familiar dengan angklung. Bahkan, sekira 2.500 guru di Jayapura, Papua, ini baru pertama kali memegangnya.

Meski demikian, mereka semangat belajar cara memainkan angklung untuk memeriahkan Hari Aksara Nasional. Berkumpul di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, Jayapura, Papua, ribuan guru tersebut juga bertekad menembus rekor MURI.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiasa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemkot Jayapura bersama PT Pelabuhan Indonesia IV Wilayah Papua. Menurut Wayan, kegiatan tersebut menjadi sarana penyegaran bagi guru-guru di tengah rutinitas mengajar mereka.

“Mereka perlu juga diberikan motivasi agar lebih bersemangat menuangkan ilmu bagi anak didiknya,” ujar I Wayan Mudiasa, Jumat (13/11/2015).

Salah satu guru sekolah Yayasan Kristen Fajar Kasih Abe, Pantai Jayapura, Pilemon Magna, mengaku senang dengan pelatihan angklung tersebut. Penduduk asli papua ini mengaku “Saya baru kali pertama memegang angklung. Nanti saya akan menularkan ilmu ini ke anak didik di sekolah,” ujar Pilemon yang merupakan penduduk asli Papua tersebut.

Selain para guru, nampak juga siswa sekolah dasar berpartisipasi dalam kegiatan belajar main angklung massal tersebut. Mereka antusias mengikuti arahan instruktur angklung yang didatangkan dari Jawa Barat tersebut. Selain mendapatkan pelatihan, mereka bisa membawa angklung sebagai kenang-kenangan dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar di sekolah. (robi/okezone)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *